Tutorial Linux Langkah Mengganti Port SSH Di CentOS 7

hadi

Administrator
PW Addict
Game Master
Joined
Sep 1, 2020
Messages
30
Reaction score
3
Points
8
SSH 1.pngKami sudah siap layani Anda dengan mengajarkan Anda langkah mengganti port SSH di mekanisme operasi CentOS. Port standar service SSH ialah 22 , apabila kami memiliki secara standar, peretas kemungkinan bisa serang server lewat port 22, ambil kendalian, atau mengakibatkan kerusakan yang tidak bisa diperbarui. Karena itu, kami merekomendasikan Anda mengganti port SSH standar untuk tingkatkan keamanan server Anda.

Apa Itu SSH?
SSH bermakna a s ecure sh ell, versus gratis dari alat jaringan SSH yang memungkinkannya jaringan aman ke jaringan. SSH mengenkripsi semua data yang dikirim (terhitung kata sandi), hilangkan peluang seseorang terhubung data jaringan. SSH ialah prosedur standard untuk transisi info terenkripsi lewat jaringan. Memakai piranti lunak service ssh, akses jarak jauh ke computer di jaringan disiapkan.

SSH (huruf besar) merujuk pada prosedur SSH dan ssh (huruf kecil) bermakna piranti lunak komunikasi jarak jauh. Salah satunya piranti lunak gratis untuk bikin jaringan SSH, yang disebutkan Putty , memungkinkannya jaringan ke server Linux dengan perintah.

Catatan Saat sebelum Mengganti Port SSH Standar
Lebih bagus tentukan port 4 atau 5 digit. , ingat-ingatlah untuk memakai port SSH gratis.
Bila firewall dipakai di jaringan pusat data, yakinkan untuk memberitahu pusat data mengenai port yang diharapkan untuk membukanya.
Yakinkan untuk tuliskan port yang ingin Anda distribusikan ke SSH.
Hati-hatilah saat mengganti port SSH karena kekeliruan apa saja bisa mengakibatkan Anda kesusahan terhubung server.
Bila Anda tidak memakai SELinux, Anda harus menonaktifkannya untuk menahan permasalahan apa saja pada peranan server Anda.

Beberapa langkah Untuk Mengganti Port SSH Di CentOS
  • Masuk SSH dengan software PuTTY.
  • Nonaktifkan SELinux
  • Ubah file sshd_config dan ganti port 22 ke port yang diharapkan.
  • Mulai ulangi service sshd.
Pakai Putty Untuk Menyambungkan Server

Anda bisa menyaksikan link pengajaran di bawah ini untuk pelajari langkah memakai putty untuk tersambung ke VPS Indonet Digital.

“ ( Coming Soon ) “

Nonaktifkan SELinux Saat sebelum Mengganti Port SSH

Untuk menonaktifkan SELinux , membuka file di bawah ini dan setel model ke nonaktif.

Code:
/ etc /selinux /config
01.png

Ubah File sshd Untuk Mengganti Port SSH

Sesudah masukkan SSH lewat Putty , masuk model editing file sshd_config dengan perintah ini.

Code:
nano /etc/ssh /sshd_config
02.png

Catatan: Jikapaket nano tidak diinstall, coba instal dengan perintah ini.

Code:
yum instal nano
Seterusnya, kita perlu mengganti angka 22 yang ditetapkan pada gambar di atas ke nilai lain (misalkan port 14252). Kita perlu menghapus # dari awalnya baris ini untuk masukkan baris ini sebagai perintah operasi aktif di server.

03.png

Catatan: Anda pun harus menambah port baru ke firewall Anda untuk menahan masalah apa saja, memakai perintah ini sesudah mengganti port SSH.

Code:
sudo firewall-cmd --zone = public --permanent --add-port = 14252/tcp
04.png

Mulai ulang Layanan sshd

Code:
sudo systemctl restart sshd
Untuk mengawali ulangi service SSHD pakai perintah di bawah ini apabila Anda hadapi kekeliruan saat mengawali ulangi service ini, coba boot ulangi server. Sesudah server siap, Anda bisa dengan gampang tersambung ke server lewat dempul dan nomor port baru harus dipakai sebagai alternatif port 22 tapi permasalahannya, kesempatan ini Anda semakin aman dibanding jaringan paling akhir!

Rangkuman

Anda bisa dengan gampang mengganti port SSH lewat file sshd_config. Salah satu hal yang perlu Anda lihat, ialah menambah nomor port baru ke firewall Anda saat sebelum Anda mengaplikasikan pengaturan baru untuk menahan masalah pada fungsi server.
Saya berharap Anda menikmati posting ini dan Anda sudah mendapati jawaban Anda.
Berharap jangan ragu untuk berbagi opini Anda dengan kami.

Baca Juga :
 

Attachments

Last edited:

Ads

Ads

Top